MMD Desa Jali 2019 Menumbuhkan Kesadaran Perilaku Sehat di Masyarakat

Pada hari ini 18 Februari 2019, telah dilaksanakan kegiatan Musyarawah Masyarakat Desa (MMD) dari Puskesmas II Kecamatan Bonang Kabupaten Demak yang difasilitasi oleh pemerintah Desa Jali, dihadiri oleh tokoh masyarakat,RT/RW, Pemerintah Desa, PKK dan Lembaga Desa. dalam kesempatan tersebut ada beberapa masalah yang timbul di kalangan masyarakat miskin di desa Jali dalam hal perilaku kehidupan sehat yang mana sudah dilakukan survey terhadap kader kesehatan desa Jali dengan mengambil sampling 100 KK RTM, terkait dengan :

  1. Kepemilikan Jamban Rumah
  2. JKN
  3. Hipertensi
  4. perilaku merokok
  5. Air Bersih

Dalam kegiatan survey diatas terdapat beberapa point yang sangat perlu ada penanganan khusus terkait prosentase yang cukup besar terhadap kurangnya perilaku menjaga kehidupan sehat di masyarakat RTM.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Jali (Mustafid) menyampaikan point- point penting dalam musyawarah tersebut diantaranya adalah :

  1. Kebutuhan warga yang sangat mendasar salah satunya adalah kesehatan, maka dari itu Kades mengajak semua komponen untuk peduli terhadap sesama didalam mewujudkan Masyarakat yang peduli terhadap kesehatan terutama RTM.
  2. Melalui kader kesehatan Desa perlu dilakukan pemantauan khusus dengan memberikan binaan terkait kehidupan sehat.
  3. Memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga miskin dengan mengupayakan pelayanan terpadu yang tersasar kepada RTM langsung.
  4. Kerjasama sangat penting antara pihak desa dengan petugas kesehatan dalam rangka informasi dan penanganan yang cepat terhadap hak dan perilaku sehat RTM.
  5. Mengupayakan pendanaan khusus kepada RTM terkait kebutuhan kesehatan
  6. Menumbuhkan keamanan yang intensif terkait banyaknya hoax yang beredar dengan mengatasnamakan instansi terkait, karena sudah banyak terjadi penipuan di kalangan masyarakat.

Dari point point yang disampaikan oleh Kepala Desa tersebut tentunya banyak sekali PR yang harus benahi bersama melalui kesadaran warga masyarakat dan tentunya tokoh-tokoh terkait dalam hal menjaga komitmen bersama untuk Jali yang lebih peduli, Jali yang lebih Sehat, Jali yang lebih aman.

Demikian yang bisa penulis sampaikan,, Terima Kasih ..

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan